Dikenal Sebagai Jalur Rempah Melegenda, Peserta Muhibah Bertandang ke Makassar

UNGKAPAN.ID, MAKASSAR – Peserta muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 melakukan kunjungan ke Kota Makassar. Peserta yang berasal dari 34 provinsi se Indonesia disambut langsung oleh Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di kediaman pribadinya Jalan Amirullah, Minggu (05/06).

Kota Makassar yang disinggahi peserta muhibah merupakan kota ke dua. Peserta muhibah memulai perjalanannya lebih dulu di Surabaya lalu bertandang ke Kota Makassar. Selanjutnya dari “Kota Daeng” mereka menyisir kota lainnya yang merupakan jalur rempah.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Restu Gunawan mengatakan, Makassar masuk dalam jalur rempah karena histori perjalanan jalur rempah di kota ini begitu tersohor.

“Makassar sudah sangat terkenal dengan cerita jalur rempahnya yang melagenda. Olehnya itu kami mengajak anak bangsa pilihan menyusuri jalur rempah agar paham teknologi kearifan lokal di satu daerah termasuk Makassar,” katanya.

Dirangkaikan dengan malam ramah tamah yang turut dihadiri jajaran Forkopimda Makassar, tidak lupa menampilkan tarian adat dan kuliner khas Makassar yang kaya akan bumbu-bumbu rempah. Ini sebagai bentuk penghormatan pada tamu yang hadir di Kota Makassar terkhusus pengenalan buat para peserta muhibah.

“Selamat datang di Kota Makassar. Hidangan yang dicicipi ini adalah olahan yang menggunakan rempah-rempah terbaik. Silakan belajar sejarah masa lampau semoga perkenalan ini menjadi literasi agar dapat memperkaya ilmu peserta dan tentunya tidak lupakan perjalanan masa lalu,” sambut Danny panggilan akrab Moh Ramdhan Pomanto.

Perlu diketahui, para peserta muhibah budaya jalur rempah telah melalui seleksi ketat dengan beberapa indikator penilaian. Salah satunya ketahanan fisik dimana peserta akan mengarungi beberapa lokasi yang telah ditentukan sebagai jalur rempah. (*/Dir)

Baca juga:  Diskominfo Makassar Terus Lakukan Percepatan Tata Pemerintahan Sombere and Smart City