SULSEL  

Pencegahan Stunting Masuk Program Strategis Pemkot Makassar

UNGKAPAN.ID, MAKASSAR – Dalam pelaksanaan Penilaian Kinerja Aksi Konvergensi Stunting Kabupaten/Kota yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan turut dihadiri Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

Kegiatan konvergensi lintas sektor dan program masing-masing kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan digelar di Hotel Claro, Kamis (19/05/2022). Kegiatan ini pun sebagai upaya dari pemerintah di kabupaten dan kota melakukan percepatan perbaikan gizi masyarakat.

Danny sapaan akrab Moh Ramdhan Pomanto juga tampil memaparkan inovasi Pemerintah Kota Makassar tentang aksi koordinasi, intervensi dan integrasi stunting di Kota Makassar. Dia menyampaikan komitmen pemerintah kota dalam aksi kinerja konvergensi.

“Penanganan percepatan penurunan stunting sudah bagian keseriusan Pemerintah Kota Makassar,” sebutnya.

Katanya, hal terebut sudah sesuai rumusan dan penjabaran Visi-Misi RPJMD Kota Makassar Tahun 2021-2026 dengan (delapan) program strategis Makassar dua kali terus tambah baik.

“Di dalam telah masuk bagaimana pencegahan stunting menjadi skala prioritas pemerintah dan masyarakat,” jelasnya.

Dengan memberikan kesadaran mengubah perilaku untuk mencegah stunting, sebut Danny kemudian akan memperkuat konvergensi melalui koordinasi dan konsolidasi program antara pusat daerah hingga ke pelosok desa.

“Bahkan dengan meningkatkan akses terhadap makanan bergizi dengan mendorong ketahanan pangan dan evaluasi dasar juga dengan memberikan pelayanan bermutu serta peningkatan akuntabilitas, dan percepatan pembelajaran,” tuturnya.

Dia pun berharap dengan adanya inovasi program lorong pengendali stunting (lopis) serta inovasi lorong sehat (longset) yang telah berjalan, diharapkan mampu memperbaiki strata kesehatan hidup masyarakat dan meningkatkan ekonomi sehingga dapat memenuhi kebutuhan akan gizi masyarakat.

Baca juga:  Huadi Group Dinilai Ikut Kontribusi Tingkatkan Ekonomi Lokal