Pemkot Makassar Luncurkan Program Kelurahan Cinta Statistik di Maccini Sombala

Pemkot Makassar Luncurkan Program Kelurahan Cinta Statistik di Maccini Sombala

UNGKAPAN, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar bersama Badan Pusat Statistik (BPS) mencanangkan Kelurahan Maccini Sombala sebagai program pilot project Kelurahan Cinta Statistik (Cantik). Pencanangan ini dilaksanakan pada Sabtu, (31/08/2024) di Aula Amalia, yang terletak di samping Kantor Lurah Maccini Sombala.

Acara pencanangan dan sosialisasi ini dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Andi Muhammad Yasir, yang didampingi oleh Plt Kepala Diskominfo Makassar Ismawaty Nur, serta Kepala BPS Makassar Abdul Hafid.

Turut hadir dalam acara ini adalah camat Tamalate, lurah Maccini Sombala serta pengurus RT/RW, Dewan Lorong dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Andi Muhammad Yasir menyampaikan, program Kelurahan Cantik akan sangat membantu dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan.

“Ketika basis data tersusun dengan baik, nantinya kita dapat melakukan perencanaan dan mempersiapkan infrastruktur dan sarana sosial lainnya. Tren pertumbuhan bisa kita ketahui, jadi ini upaya yang tepat ketika kita mulai dari tingkat pemerintahan terdepan, yaitu kelurahan,” katanya.

Menurutnya, penyusunan data yang akurat akan menjadikan program pembangunan di kelurahan lebih tepat sasaran. Ia juga menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah dan warga dalam menyukseskan program ini.

Kemudian lebih lanjut, Kepala BPS Makassar Abdul Hafid menyampaikan, program Kelurahan Cantik didasarkan pada urgensi perkembangan, di mana desa atau kelurahan telah menjadi subjek utama dalam pembangunan di Indonesia.

Ia juga menekankan pentingnya data dalam membantu pemerintah daerah untuk menentukan arah dan strategi pembangunan yang lebih efektif.

“Program ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pembangunan di tingkat kelurahan. Dengan data yang akurat dan relevan, pemerintah diharapkan dapat merancang kebijakan yang lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” tambahnya. (**)

Baca juga:  Danny Pomanto Tekankan Pentingnya Edukasi Agama tuk Jaga Kota Makassar