Tebar Benih Ikan Upaya Bantu Ekonomi Masyarakat

UNGKAPAN, MAKASSAR – Gerakan tebar benih ikan yang masif dilakukan oleh Pj Gunernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin khususnya di Kota Makassar, mendapatkan reaksi yang positif dari Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

Hari ini, keduanya terlihat kembali bersama-sama melakukan tebar benih ikan air tawar di Waduk Tunggu Pampang pada Sabtu (06/04/2024). Tak main-main ada sekitar 5 sampai 10 ribu benih ikan disebar di siang tadi.

Bagi Danny, begitu Moh Ramdhan Pomanto akrab disapa, program yang dilaksanakan itu patut diapresiasi. Tak lain karena membantu ekonomi warga sekitar dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

“Program ini sangat patut untuk kita dukung bersama demi keberlanjutan khususnya perekonomian warga bersama,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Makassar Evy Aprialti mengatakan, program Pj Gubernur ini sangat membantu mata pencaharian masyarakat setempat.

Dia mengatakan, warga di Kelurahan Bitoa dan Bangkala di Kecamatan Manggala nantinya dapat memanfaatkan benih ikan ini.

Karena masyarakatlah selaku warga penerima manfaatnya. Evy bahkan mengharapkan kegiatan ini terus berlanjut dan berkesinambungan.

“Kami berharap penebaran restocking ditambah lagi. Ini hari kan berkisar 5 sampai 10 ribu jadi kalau bisa lebih banyak lagi,” kata Evy kepada media.

Apalagi, jelas dia, posisi waduk ini sangat strategis. Selain sebagai tempat wisata juga merupakan tempat mata pencaharian masyarakat sekitar.

Sehingga dengan adanya penebaran benih di waduk ini masyarakat setempat dapat merasakan manfaatnya.

Sebagaimana diketahui, Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin tahun ini menyiapkan 100 juta benih ikan untuk dibagikan ke masyarakat di kabupaten dan kota di Sulsel.

Program ini sejalan dengan instruksi Presiden Jokowi dalam hal ketahanan pangan dan mengatasi kemiskinan ekstrem.

Baca juga:  Peringati HUT RI, Bapenda Makassar Gelar Porseni

Sebelumnya, penebaran ikan juga dilakukan di Bendungan Bili-bili dan Kolam Regulasi Nipa-nipa. (**)