Pawai Obor dan Gema Takbir Akan Berlangsung di Anjungan Pantai Losari

Pawai Obor dan Gema Takbir Akan Berlangsung di Anjungan Pantai Losari

UNGKAPAN, MAKASSAR – Malam takbiran menyambut hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah tengah dipersiapkan agar berlangsung secara meriah. Iring-iringan pawai obor bakal memberikan kesan pada Festival Takbir Tepian Air.

Acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Makassar rencanya dipusatkan di Anjungan Pantai Losari City of Makassar. Peserta iring-iringan mulai berangkat dari Masjid Kubah 99 kawasan Center Poin of Indonesia (CPI) dan berakhir di Anjungan Pantai Losari.

Selama perjalanan, belasan ribu peserta pawai yang berasal dari 153 kelurahan di 15 kecamatan se-Kota Makassar sambil menggemakan takbiran.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyampaikan, peserta pawai merupakan masyarakat. Mereka datang mewakili kelurahannya. Setiap kelurahan mengutus 100 orang dan belum termasuk kelompok dari organisasi masyarakat (ormas).

“Pawai obornya itu melibatkan 153 kelurahan, masing-masing kelurahan terdiri dari 100 orang. Belum lagi ormas Islam, jadi saya kira bisa sampai 20 ribu orang peserta,” kata Danny panggilan akrabnya seusai memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Idul Fitri 1445 Hijriah di Ruang Sipakatau, Kantor Balai Kota Makassar pada Rabu, (03/04/2024).

Dengan estimasi jumlah peserta yang bisa mencapai hingga dua puluh ribu peserta, orang nomor satu di Makassar itu pun berharap pawai ini benar-benar terlaksana dengan baik buat masyarakat. Sehingga begitu penting manajemen dan teknisnya perlu diatur.

Baginya, suasana ramadan di tahun ini dapat dikonsep dengan nuansa seakan berada dalam perkampungan. Tepatnya kampung-kampung di tengah Kota Makassar.

“Kita mau cari suasana (Ramadan) desa di kota,” tuturnya

Selain pawai obor, rapat tersebut juga membahas soal persiapan Itikaf yang akan digelar di Masjid Kubah 99 pada malam ke-25 Ramadan.

Itikaf ini lanjut Danny, merupakan momen pencucian dosa. Apalagi ini sudah memasuki 10 malam terakhir ramadan.

Baca juga:  Adaptasi Orang Tua untuk Memberikan Edukasi Anak Lewat Teknologi

Adapun agendanya, doa keselamatan bagi kota kita, doa keselamatan bagi keluarga, dan doa keselamatan bagi anak-anak kita.

“Momen 10 Ramadan adalah momen terbaik yang secara pribadi mendekatkan diri kepada Allah,” tutupnya. (**)