Unescape Tertarik Kerjasama Penggunaan Geoportal Dukung Smart City

UNGKAPAN.ID, MAKASSAR – Tertarik dengan Smart City di Makassar, Komisi Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-bangsa untuk Asia dan Pasifik (Unescape) bersama dengan Deputi Badan Riset dan Inovasi Nasional Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa Nasional (Brin Orpa) menjalin kerjasama Pemerintah Kota Makassar.

Kerjasama itu terungkap saat Unescape bersama Brin Orpa melakukan kunjungan ke Kantor Balaikota Makassar, Kamis (28/04/2022). Pertemuan mereka untuk mendiskusikan soal penggunaan aplikasi Geoportal dalam mendukung program Smart City.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyampaikan, pertemuan bersama Brin, selain untuk bersilaturahmi juga membahas dukungan Smart City Kota Makassar.

“Sebagai lembaga dunia, Unescape menunjuk Kota Makassar dan Bandung sebagai salah satu dari kota yang ingin didukungnya. Kemudian saya terangkan tentang Metaverse, bagaimana progresnya, bagaimana prosesnya apa modalnya, lalu dijawabnya modalnya itu Sombere’ Smart City,” katanya.

Danny sapaan akrab Moh Ramdhan Pomanto menyatakan, Chief of Scape Section Unescape, Mr Keran Wang kagum, dengan apa yang dijelaskannya mengenai Sombere’ Smart City.

“Dia sangat sangat kagum karena di negerinya, negeri komunis penuh dengan filosofi, semua dengan filosofi tapi dia tidak pernah mendapatkan filosofi seperti Sombere Smart City,” tambahnya.

Adapun Mr Keran Wang berpendapat, Sombere Smart City mempunyai makna sangat dalam sekali dan dirinya belum pernah menemukan di dunia.

“Saya temukan di sini, di Kota Makassar. Saya akan catat yang menjadi bagian share Makassar dan saya akan lapor pimpinan,” kata Danny mengutip ucapan Mr Keran.

Danny juga mengimbau dalam pembentukan Badan Riset Daerah, untuk diberi kewenangan yang lebih luas.

“Yang saya minta adalah pembentukan Brida, badan riset daerah itu diberi ruang besar oleh pemerintah daerah,” terangnya.

Exit mobile version