Unhas Raih Peringkat Ke-6 PTN Versi The Wur

Sekretaris Universitas Hasanuddin, Prof Sumbangan Baja

UNGKAPAN, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) sukses meraih prestasi membanggakan dengan meningkatkan posisi perankingannya di kancah perguruan tinggi nasional.

Berdasarkan rilis Times Higher Education World University Ranking (THE WUR) 2023 yang baru-baru ini diumumkan, Unhas kini menempati peringkat ke-6 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Ini tentunya menandai kenaikan tiga peringkat dari posisi ke-9 pada THE WUR tahun 2022.

Sekretaris Universitas, Prof Sumbangan Baja menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terutama sivitas akademika Unhas, yang telah bekerja keras guna memajukan universitas ini.

Ia mengatakan bila capaian-capaian ini menjadi indikator utama dalam perankingan THE WUR dan menjadi bukti kemajuan yang telah diraih oleh Unhas.

“Selain THE WUR, Unhas juga mencatat prestasi yang menggembirakan dalam rilis The Impact Rankings. Pada peringkat ini, Unhas menempati posisi ke-9, artinya naik dua peringkat dari posisi ke-11 pada tahun 2022,” ucapnya.

Kepala Pusat Peningkatan Reputasi Unhas, Prof Rohani mengonfirmasi pencapaian yang menggembirakan ini. Ia menjelaskan bahwa THE WUR menggunakan 13 indikator kinerja untuk mengukur prestasi perguruan tinggi di seluruh dunia.

“Ke-13 indikator tersebut kemudian dikelompokkan menjadi lima bidang utama untuk perhitungan pemeringkatan,” jelasnya.

Adapun kelima bidang utama lanjut Rohani, meliputi lingkungan belajar (bobot 40%), penelitian (30%), pengaruh riset/sitasi (20%), internasional outlook (7,5%), dan transfer pengetahuan (2,5%).

“Unhas telah meningkatkan indikator-indikator potensial dalam kurun waktu setahun untuk memperbaiki peringkat universitas,” sambungnya.

Baca juga:  Mahasiswa UIT Intip Proses Produksi Berita Televisi