Perumda Pasar Awasi Pedagang Musiman di Area NMM Jelang Idul Fitri

UNGKAPAN.ID, MAKASSAR – Dalam rangka mengantisipasi pedagang musiman berjualan area luar New Makassar Mall menjelang Idul Fitri, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Makassar menurunkan petugas ketertibannya, Rabu (20/04/2022).

Pengawasan ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan di area NMM atau Pasar Sentral dan mencegah terjadinya masalah Kamtibmas yang banyak meresahkan warga atau pengunjung.

Staf Ketertiban, Muh Jaenul menyampaikan kalau kegiatan pengawasan ini merupakan tugas rutin yang dilakukan oleh bagian ketertiban dan keindahan.

“Sebenarnya bentuk pengawasan seperti itu sudah menjadi tugas rutin kami bagian ketertiban. Dan hanya untuk bulan ramadan semakin lebih diperketat lagi guna mengantisipasi lonjakan pedagang yang dapat mengganggu arus lalu lintas,” jelas Kepala Unit Pasar Sentral tahun 2012-2018.

Selain itu untuk mengantisipasi kerawanan Kamtibmas kata Jaenul, koordinasi bersama instansi terkait dalam hal ini di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, Babinsa dan Bimmas semakin diperkuat. Agar NMM wilayah Kelurahan Ende, Kecamatan Wajo, terkendali.

“Tugas kami melakukan pengawasan kepada seluruh pedagang musiman yang benjualan depan area pasar dan mengimbau untuk tetap patuhi protokol kesehatan Covid-19 di pasar sekaligus antisipasi kerawanan kamtibmas,” sambungnya.

Diketahui, dari hasil pantauan tersebut pedagang musiman bermunculan dari pedagang lama yang punya lods di dalam pasar dan kemudian membuka lapaluar area NMM. Dan sejumlah warga lain yang bermukim sekitaran sentral ikut membuka lapak. Namun sejauh ini masih cukup terkendali.

Baca juga:  Diskominfo Makassar Matangkan Persiapan untuk Kemeriahan KIM Fest 2024