UNGKAPAN.ID, MAKASSAR – Prank atau lelucon dari segelintir warga dengan menghubungi operator panggilan darurat atau call center 112 Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Makassar, acap kali terjadi. Memberikan laporan yang tidak sesuai dan benar terjadi di lapangan.
Aksi tidak terpuji yang sering dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab benar-benar sangat disayangkan. Lantaran ulahnya dianggap mengganggu operator dan traffic sambungan telepon aduan penting masyarakat.
“Masih ada warga yang memberikan laporan tak sesuai dengan kejadian di lapangan. Terus menerus menghubungi via telepon operator. Termasuk melalui nomor WhatsApp 0811400112,” beber Kepala Diskominfo Makassar Mahyuddin, Kamis (16/06).
Oleh karena itu, Mahyuddin mengimbau kepada warga menggunakan layanan panggilan darurat 112 secara bijak. Benar-benar menyampaikan informasi atau aduan bersifat penting. Seperti kondisi darurat keselamatan warga, keamanan dan ketertiban lingkungan, pohon tumbang dan sebagainya.
“Kami imbau warga menggunakan 112 secara bijak. Jangan gunakan 112 untuk prank saja, tapi benar-benar mengadukan informasi yang penting,” imbaunya.
Dia menambahkan, setiap laporan masuk yang diterima oleh operator 112 secara kontan diteruskan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pihak terkait lainnya.
“Misalnya saja peristiwa kebakaran yang masuk dan diterima tentu langsung dilaporkan ke Dinas Pemadam (Damkar) Makassar untuk segera ditindak lanjuti,” tutupnya. (*/Dir)