Pemkot Makassar dan ITB Lanjutkan Kerja Sama Bidang Riset Terbarukan

Pemkot Makassar dan ITB Lanjutkan Kerja Sama Bidang Riset Terbarukan

UNGKAPAN, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersilaturahmi dengan Rektor Institut Teknologi Bandung, Prof Reini Wirahadikusumah, di Rektorat ITB, Jalan Tamansari, Bandung pada Jumat (20/09/2024).

Dalam kunjungan tersebut, Danny didampingi oleh Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Makassar Ismawaty Nur, serta perwakilan dari Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) ITB.

Pertemuan tersebut diisi dengan diskusi hangat antara Danny dan Prof Reini Wirahadikusumah, terutama mengenai hubungan baik antara Pemerintah Kota Makassar dan ITB.

Danny juga menjelaskan mengenai inisiatif Low Carbon City yang saat ini tengah dikembangkan oleh Pemkot Makassar. Inisiatif ini merupakan bagian dari materi yang baru saja disampaikannya dalam Kuliah Perdana Mahasiswa Pascasarjana Arsitektur SAPPK ITB.

Selain itu, Danny memperkenalkan program Lorong Wisata yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam setiap program pemerintah kota.

Menurutnya, keterlibatan masyarakat adalah kunci dalam menjalankan program-program kota, sehingga mereka dapat merasakan dampaknya secara langsung.

Pada kesempatan tersebut, Danny dan Prof Reini Wirahadikusumah menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang merupakan kerja sama kedua antara Pemkot Makassar dan ITB di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Danny berharap bahwa dengan adanya MoU ini, kerja sama riset yang berkelanjutan dan inovatif dari ITB dapat semakin ditingkatkan.

“Setelah penandatanganan MoU hari ini, tentunya kami berharap dukungan riset-riset terbaru dari teman-teman ITB, dan kerja sama yang sudah ada hari ini dapat kita tingkatkan,” ujar Danny.

Lebih lanjut, Danny menjelaskan ada banyak sektor yang bisa dikembangkan melalui kerja sama dengan ITB, termasuk pengelolaan tanaman bambu, pengolahan sampah, hingga pengembangan pulau.

Salah satu topik yang menarik adalah penerapan energi terbarukan dengan sistem AI untuk menurunkan emisi karbon, yang telah menarik perhatian berbagai pihak dari luar negeri untuk bekerja sama dengan Pemkot Makassar.

Baca juga:  Hadir pada Pembukaan Liga Anak Lorong, Plt Camat dan Sekcam Bontoala Berikan Motivasi

Danny menekankan bahwa MoU ini sangat strategis dalam rangka memperluas kerja sama tersebut.
Sebagai pemimpin yang berlatar belakang akademisi, Danny Pomanto selalu menggunakan riset sebagai dasar pengambilan kebijakan di Makassar.

Oleh karena itu, keterlibatan akademisi dari berbagai kampus, sangat penting dalam mendukung pembangunan kota yang berbasis pada penelitian dan inovasi.

Rektor ITB, Prof Reini Wirahadikusumah menyambut baik kunjungan Wali Kota Makassar tersebut. Menurutnya, Danny adalah pemimpin yang menghargai riset dalam mengembangkan kota, sehingga kerja sama antara Pemkot Makassar dan ITB sangat relevan dan bermanfaat.

“SAPPK sudah banyak berkolaborasi dengan beliau, dan tentu ke depannya akan terus mendukung Kota Makassar. Apalagi wali kotanya memiliki visi yang sama dengan ITB,” sambung Prof Reini Wirahadikusumah. (**)