Dewan Tanyakan Keseriusan Pemkot Makassar Atasi Kemiskinan

Dewan Tanyakan Keseriusan Pemkot Makassar Atasi Kemiskinan

UNGKAPAN, MAKASSAR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar meminta kepada Pemerintah Kota Makassar untuk lebih serius dalam upaya penanggulangan kemiskinan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar Hamzah Hamid mengatakan, pentingnya pemberdayaan masyarakat agar tidak terus-menerus bergantung pada bantuan tunai yang hanya bersifat sementara.

“Kami menyadari program bantuan tunai atau sembako hanya memberikan solusi sementara dan tidak menyelesaikan akar masalah kemiskinan. Masyarakat tidak hanya butuh bantuan, tetapi yang lebih penting adalah akses dan layanan yang bisa meningkatkan kemandirian ekonomi mereka,” ujar Hamzah Hamid, Senin (13/05/2024).

Sebagai Anggota DPRD dari Partai Amanat Nasional (PAN), Hamzah mengungkapkan harapannya agar pemerintah lebih fokus pada upaya jangka panjang yang dapat memutus rantai kemiskinan di Kota Makassar.

Salah satu langkah yang disarankan adalah dengan memberikan edukasi dan pelatihan untuk masyarakat guna membuka lebih banyak peluang kerja.

“Kami berupaya memutus mata rantai kemiskinan secara berkelanjutan melalui edukasi dan menciptakan peluang kerja yang layak. Hal ini menjadi penting, apalagi dengan semakin banyaknya warga yang mengalami pemutusan hubungan kerja. Kondisi ini berpotensi meningkatkan angka kemiskinan yang pada akhirnya dapat menimbulkan masalah keamanan dan ketertiban di kota kita,” tambahnya.

Hamzah juga mendesak Pemkot Makassar untuk memperkuat layanan informasi mengenai lapangan pekerjaan, memperluas program pemberdayaan UMKM, serta menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Selain itu, ia mendorong pelibatan lembaga pendidikan untuk meningkatkan keterampilan kerja masyarakat, sehingga mereka dapat lebih mandiri secara ekonomi.

“Pemerintah Kota harus berkomitmen untuk terus berupaya memutus rantai kemiskinan dengan mengedepankan pemberdayaan dan kemandirian masyarakat,” tegas Hamzah Hamid, yang juga menjabat sebagai Ketua PAN Makassar.

Dengan langkah-langkah tersebut, Hamzah berharap Pemerintah Kota Makassar dapat menciptakan solusi jangka panjang yang berdampak positif bagi masyarakat, terutama dalam menghadapi tantangan ekonomi yang kian berat. (**)

Baca juga:  Rp142 Juta Zakat ASN Pemkot Makassar Diserahkan ke Baznas