Dua Kelurahan di Kecamatan Bontoala Dapat Sokongan Benih Cabai

Dua Kelurahan di Kecamatan Bontoala Dapat Sokongan Benih Cabai

UNGKAPAN, MAKASSAR – Dua kelurahan di Kecamatan Bontoala, Kota Makassar telah dapat bantuan benih cabai sokongan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Makassar. Kelurahan itu masing-masing Parang Layang dan Timungan Lompoa.

Pendistribusian benih tanaman yang masuk jenis hortikultura diberikan langsung Kepala Kecamatan Bontoala Andi Akhmad Muhajir Arif, yang turut ditemani Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Suryadi Yamin kepada masing-masing kelurahan.

Penyerahan ribuan benih cabai diisi dengan penanaman benih ke media tanam untuk dibudidayakan warga yang tergabung ke dalam komunitas tani dan kelompok wanita tani (KT-KWT) lorong wisata.

Sekcam Bontoala Suryadi Yamin mengatakan, benih-benih cabai akan didistribusikan di 12 kelurahan secara bertahap. Setiap kelurahan pun hanya bisa diberikan 1.250 benih dari total 15.000 benih yang diterima pemerintah kecamatan dari DKP.

“Pembagian benih kepada 12 kelurahan diberikan secara merata, yaitu 1.250 benih saja. Karena kami menerima benih dari DKP itu sebanyak 15.000 benih, tanpa polibag ataupun pupuknya,” kata Suryadi kepada wartawan Ungkapan, Senin (22/04/2024).

Bagi Suryadi, budidaya tanaman pangan pokok di setiap lorong wisata merupakan strategi jitu Pemerintah Kota Makassar yang digagas oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, dalam menanggulangi serta meminimalisir dampak inflasi yang bisa sewaktu-waktu terjadi.

Oleh karena itu, Kota Makassar yang dinahkodai Danny Pomanto kini terus menggalakkan Gerakan Terus Menanam serta memaksimalkan potensi yang ada dari masing-masing lorong wisata.

“Kami juga melihat penerimaan lurah terhadap kegiatan atau program unggulan pemerintah kota sangat baik, responnya positif. Kami target pekan depan pembenihan tanaman sudah rampung di 12 kelurahan. Tinggal menunggu progres dan hasil untuk dipanen saja,” tuturnya. (**)

Baca juga:  Kepala Bapenda Makassar Sebut Kolaborasi Bersama Kunci Capaian Target PAD