SULSEL  

Basarnas Makassar Kumpulkan 81 Kantong Darah Jelang Perayaan HUT Ke-52

Basarnas Makassar Kumpulkan 81 Kantong Darah Jelang Perayaan HUT Ke-52

UNGKAPAN, MAKASSAR – Bulan ke dua pada setiap tahun atau tepatnya pada 28 Februari, menjadi momen spesial dengan penuh sejarah Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). Di waktu itu, lembaga pemerintah non kementerian ini resmi berdiri.

Tinggal menghitung beberapa hari ke depan, Basarnas menapaki usia 52 tahun. Terhitung sejak 28 Februari 1972, hingga 28 Februari 2024. Angka yang bukan lagi muda.

Menyambut perayaan usia yang baru, Basarnas mulai menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52. Satu di antaranya adalah menggelar donor darah di seluruh kantor Basarnas di Indonesia.

Kepala Kantor Basarnas Makassar Mexianus Bekabel mengatakan, hari ini, Kamis 28 Februari 2024, secara serentak dilaksanakan donor darah termasuk dari Kantor Basarnas Makassar berdomisili di Jalan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Kegiatan ini melibatkan personel pegawai dan potensi sar yang terdiri dari berbagai instansi dan organisasi. Donor darah ini juga secara khusus dihadiri Komandan Lanud Hasanuddin, Komandan Kosek II Makassar, dan Kalak BPBD Gowa yang ikut mendonorkan darahnya.

“Di kegiatan donor darah di pagi ini, kami Basarnas bekerja sama dengan PMI mengadakan donor darah serentak yang melibatkan empat puluh tiga kantor Sar dan Balai Diklat di seluruh Indonesia. Ini juga melibatkan teman-teman potensi dari intansi dan relawan dari organisasi potensi sar yang ada di Makassar, teristimewa hadir secara khusus Dankosek, DanLanud, dan Kalak BPBD Gowa yang ikut donor darah,” terang Mexianus.

Pada kegiatan ini ada 81 kantong darah yang dihasilkan dari pendonor berpartisipasi untuk melakukan donor darah. Dia pun berharap darah yang dihasilkan dari kegiatan ini bisa memberi manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan kemudian hari.

Baca juga:  Polda Sulsel Perketat Penjagaan, Dampak Aksi Teror di Polsek Astana Anyar

“Semoga kantong darah yang didonorkan tadi bisa memberi pertolongan bagi masyarakat yang membutuhkan nanti,” harapnya.

Tidak lupanya dia mengucapkan terima kasih kepada para pendonor yang telah berpartisipasi.

“Tak lupa kami sampaikan terima kasih kepada para pendonor yang telah berpartisipasi dalam rangkaian acara donor darah serentak Basarnas seluruh Indonesia,” imbuhnya.