Galakkan Program Gammarattarong di Lorong Se-Kecamatan Bontoala

Galakkan Program Gammarattarong Se-Kecamatan Bontoala

UNGKAPAN, MAKASSAR – Program inovatif yang telah dihadirkan oleh Pemerintah Kecamatan Bontoala untuk mendorong perilaku warga agar senantiasa menjaga lingkungan tempat tinggalnya tetap asri, bersih dan sehat, terus terlaksana di lorong-lorong se-Kecamatan Bontoala.

Gerakan Mandiri Menata Lorong (Gammarattarong) yang telah lama terlaksana ini pun memberikan pengaruh positif pada pelaksanaan Program Pemerintah Kota Makassar seperti lorong wisata.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Bontoala Manggala Putra Andi Beso menyampaikan, sebagai program yang strategis yang bertujuan tuk merawat keindahan wilayah termasuk lorong wisata, setiap pegawai baik aparatur sipil negara (ASN) serta tenaga Laskar Pelangi diminta aktif turun mengawasi, membina dan mengontrol lorong wisata yang menjadi tanggungjawabnya.

Tugas lainnya tambah Manggala, pegawai dituntut mampu menjadi contoh nyata meningkatkan partisipasi warga dalam menjaga kebersihan dan keindahan lorongnya.

“Dari sinilah ASN dan Laskar Pelangi harus bisa membangkitkan partisipasi warga menjaga kebersihan lorong,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Kelurahan Layang Bahtiar mengatakan, Program Gammarattarong dapat menumbuhkan rasa kepedulian dan kesadaran bagi warga menjaga lingkungan tempat tinggal agar terawat penuh kesadaran.

Selain itu, program ini juga akan secara langsung beradaptasi dengan program prioritas pemerintah kota.

“Gammarattarong merupakan terobosan dari Pemerintah Kecamatan Bontoala untuk mengubah perilaku warga agar sadar menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal dan lorong wisata,” tambahnya.

Dalam pelaksanaan program kegiatan itu sambung Bahtiar, dia melibatkan pengurus RT-RW yang memiliki tugas mengajak warga menjaga kebersihan pada lingkungan tempat tinggal.

“Gerakan ini sangat menunjang kesuksesan lorong wisata khususnya di Kelurahan Layang,” tambahnya. (**)

Baca juga:  Muchlis Misbah Terima Aspirasi PMKRI Cabang Makassar