Kecamatan Bontoala Siap Sukseskan Gerakan Terus Menanam Satu Juta Polybag di Makassar

UNGKAPAN.ID, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar segera mencanangkan program satu juta polybag dengan menanam bahan pangan pokok komoditi berupa cabai dan bawang secara serentak dilakukan di 15 kecamatan se-Kota Makassar.

Olehnya, jelang pencanangan program satu juta polybag dengan gerakan terus menanam, rapat koordinasi (Rakor) pun dilaksanakan. Rakor secara virtual ini dipimpin Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi yang diikuti setiap kecamatan.

Khusus lingkup Pemerintah Kecamatan Bontoala, rakor dihadiri langsung Camat Bontoala Arman didampingi Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Bontoala Manggala Putra bertempat di Kantor Kecamatan Bontoala, Kamis (16/02).

Dalam rapat koordinasi tersebut, Wakil Wali Kota Makassar meminta adanya verifikasi secara faktual dari kelurahan terkait titik Lorong Wisata, kesiapan lorong, serta penambahan KWT sebanyak 2 KWT di setiap kelurahan.

Disebutkan pula, program satu juta Polybag merupakan upaya menekan inflasi dengan melakukan penanaman dua komoditi utama yakni cabe dan bawang.

“Untuk memaksimalkan program satu juta polybag dalam waktu sepekan, 1.000 lorong harus telah terverifikasi faktual dengan potensi yang ada di setiap Lorong Wisata harus qualified. Serta adanya penambahan masing-masing 2 KWT di setiap kelurahan,” ungkap Fatmawati Rusdi.

Untuk kesiapan bibit komoditi cabe akan disiapkan oleh DP2 sebanyak 3.000 polybag di setiap kecamatan, sedangkan untuk komoditi bawang akan disiapkan oleh Dinas Ketahanan Pangan sebanyak 2.000 polybag per kecamatan.

Menyikapi itu, Camat Bontoala Arman mengatakan gerakan terus menanam satu juta polybag yang akan diluncurkan oleh Wali Kota Makassar bersama Wakil Wali Kota Makassar merupakan gerakan massif dan terukur untuk menekan inflasi khususnya di Kota Makassar.

“Jadi kami selaku camat dan lurah mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari lokasi lorong wisata yang akan dijadikan tempat gerakan menanam, pembentukan KWT dua kelompok per kelurahan serta koordinasi dengan Dinas Ketahanan pangan, DP2 dan seluruh SKPD tentunya sesuai petunjuk dari Wali Kota Makassar. Upaya ini sebagai wujud nyata menyukseskan program satu juta polybag, gerakan terus menanam,” sebutnya.

Baca juga:  Budidaya Maggot Jadi Daya Tarik Lorong Wisata Silves