Camat Bontoala Minta Lurah Masifkan Gammarattarong

UNGKAPAN.ID, MAKASSAR – Menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat menjadi tugas dan tanggungjawab bersama. Tapi tidak sedikit dari warga yang belum menyadarinya. Ogah-ogahan ikut serta menjaga kebersihan tempat tinggalnya.

Fenomena seperti itu cukup disesalkan sebagian warga di lorong. Padahal, berpartisipasi menjaga kebersihan dapat mudah dilakukan. Minimal setiap pagi menyapu dedaunan depan rumah.

Menyikapi itu, Camat Bontoala Arman menginstruksikan kepada seluruh lurah untuk senantiasa turun melakukan pemantauan kebersihan di wilayah masing-masing. Dan terpenting memberikan edukasi dan contoh pada warga agar bisa sadar menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya.

“Kesadaran warga harus terus terjaga melalui perubahan perilaku dalam melihat kondisi lingkungannya. Semua itu harus mulai dari unsur pemerintah kelurahan memberikan teladan,” sebut Arman.

Karena itulah sambung Arman, Pemerintah Kecamatan Bontoala menghadirkan Gerakan Mandiri Warga Menata Lorong atau Gammarattarong. Terobosan ini diharapkan mampu mengubah perilaku warga yang tadi tidak peduli, menjadi lebih peduli pada kebersihan.

“Program Gammarattarong harus terus digalakkan oleh masing-masing lurah. Selain itu, pembinaan dengan pola perilaku teladan dari RT-RW, Dewan Lorong (Delor), tokoh masyarakat dan lurah sangat dibutuhkan,” pesannya.

Baca juga:  Pro Kontra Konsep Makassar Metaverse, Ini Ungkapan Pengamat Ekonomi