Pemkot Sambut Tawaran Kerja Sama Maniwa Jepang Kelola Limbah Makassar

Pemkot Sambut Tawaran Kerja Sama Maniwa Jepang Kelola Limbah Makassar

UNGKAPAN, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar kedatangan tamu dari sebuah kota Maniwa Jepang, yaitu Hitoho Maki, Board of Directors Business Promotion Subcommitte Chairman Nationwide General Waste Environmental Improvment Cooperative Association.

Kunjungan dengan tujuan menawarkan kerja sama kepada Pemerintah Kota Makassar terkait pengelolaan limbah dan air bersih, diterima baik oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Makassar Firman Hamid Pagarra di Kantor Balai Kota Makassar, Kamis (25/04/2024).

Firman Pagarra turut didampingi Kepala Dinas PU Makassar Zuhaelsi Zubir, Kabag Kerjasama Andi Zulfitra Dianta, Kabag Hukum Izhar, dan Kepala Bappeda Andi Zulkifli.

Kata Firman, tak hanya pengelolaan limbah, namun ada juga beberapa program lainnya yang bertema Low Carbon City.

“Tentu saja ini menjadi sangat menarik kami menyambut baik apa yang disampaikan oleh pihak Yachiyo Grup dari Kota Maniwa di Jepang,” ucap Firman.

Firman mengatakan, tawaran penjajakan kerja sama ini sejalan dengan visi misi dan program-program strategis Pemerintah Kota Makassar yang juga sangat bersentuhan dengan apa yang disampaikan seperti Makassar low carbon City. Rencana kerja sama ini nantinya akan menjadi perhatian Pemkot Makassar.

“Kami akan melakukan penjajakan kerjasama ini melalui subtitusi baik itu melalui Unhas tentunya karena pilot proyek ini juga diinisiasi oleh Unhas,” tuturnya.

Kota Makassar pun menjadi salah satu kota yang dianggap konsen mewujudkan kota Zero Carbon selain kota Bandung dan Denpasar untuk penjajakan kerjasama ini.

Dia mengungkapkan langkah selanjutnya Pemkot Makassar membahas dengan lingkup internalnya dan akan secepatnya membuat letter of administrasi atau berupa poin-poin kerja sama.

“Kita akan membahas terlebih dahulu. Karena untuk bekerja sama banyak hal yang harus dilengkapi dan diperhitungkan. Daya pikir ini konsep pengelolaan limbah yang bagus. Makanya kami akan mengadakan rapat selanjutnya,” imbuhnya. (**)

Baca juga:  Tiga Kali Berturut-turut Pemkot Makassar Raih WTP