Kelurahan Tompo Balang Gelar Kerja Bakti Peringati WCD

Kelurahan Tompo Balang Gelar Kerja Bakti Peringati WCD

UNGKAPAN, MAKASSAR – Pemerintah Kelurahan Tompo Balang, Kecamatan Bontoala menggelar aksi bersih-bersih saluran air di kawasan Pasar Terong Makassar. Kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka memperingati Hari Kebersihan Sedunia atau World Cleanup Day (WCD).

Aksi bersih-bersih yang dipimpin langsung oleh Kepala Kelurahan Tompo Balang Muh Yunus melibatkan satuan tugas (satgas) drainase. Mereka dengan semangat mengangkat sampah maupun sedimen yang ada mengendap dalam drainase.

Yunus, begitu Lurah Tompo Balang akrab disapa menyampaikan, selain dalam rangka memperingati Hari Kebersihan Sedunia, aksi bersih-bersih yang dilaksanakan ini juga untuk menjadi contoh nyata di masyarakat agar terdorong dan sadar menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya.

Tidak kalah pentingnya, membersihkan saluran air dari pengendapan lumpur dilakukan sebagai kesiapan menghadapi musim penghujan yang akan datang.

“Melalui kerja bakti ini diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran dan prilaku warga agar lebih peduli terhadap kebersihan. Bila lingkungan bersih tentu akan menciptakan suasana indah dan nyaman bagi semua,” ujarnya.

Dia menambahkan, merawat kebersihan lingkungan agar tetap bersih, nyaman dan sedap di pandang mata, menjadi tugas serta kesadaran bersama. Sehingga diperlukan kesadaran sendiri menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal terutama dalam lorong-lorong.

Lebih lagi jika menyadari permasalahan sampah menjadi problem serius khususnya sampah plastik yang sulit terurai di dalam tanah.

“Melalui langkah pengerukan ini, saluran air diharapkan dapat berfungsi secara normal dan lingkungan pemukiman tetap bersih, tidak berbau dan nyaman,” katanya. (**)

Baca juga:  Produk Pertanian di Lorong Wisata Lisbon Cokonuri Tembus Pasar Swalayan