Revitalisasi Kontainer Makassar Recover Menjadi Pusat Pelayanan Terpadu

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto secara serentak meresmikan Kontainer Terpadu Makassar

UNGKAPAN, MAKASSAR – Kontainer Makassar Recover direvitalisasi menjadi Kontainer Terpadu Makassar atau yang disingkat sebagai Konter. Peresmian ini dilakukan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto secara serentak untuk 14 kecamatan di Kota Makassar.

Orang nomor satu di Kota Makassar dalam sambutannya menjelaskan bahwa kontainer yang sebelumnya digunakan sebagai pusat layanan aktivitas pencegahan Covid-19 kini beralih fungsi menjadi pusat pelayanan publik. Di sini terdapat 40 jenis layanan publik yang akan disediakan secara bertahap.

“Setelah status endemi Covid-19 dinyatakan berakhir, Pemerintah Kota Makassar mengambil kebijakan memanfaatkan kembali kontainer ini. Kami menyadari pelayanan publik yang paling depan terletak di kelurahan, dan saat ini kelurahan mengalami kesulitan dalam menerima pelayanan akibat tingginya kegiatan sosial dan ekonomi. Oleh karena itu, kontainer ini dimanfaatkan untuk membantu percepatan pelayanan di Kelurahan,” katanya.

Beberapa jenis layanan yang dapat dilakukan di Konter antara lain permintaan kain kafan gratis bagi keluarga yang membutuhkan serta pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Pembayaran di konter akan dilakukan secara elektronik, tanpa menggunakan uang tunai.

Selain itu, di sekitar Konter, akan dijual produk-produk UMKM dari lorong wisata seperti sayur organik segar, lombok, dan berbagai hasil budidaya. Hal ini merupakan upaya untuk memanfaatkan Konter secara maksimal demi percepatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Danny berharap inovasi Konter ini dapat menjadi penyempurnaan dalam pelayanan publik yang lebih responsif, mendetail, dan mendengarkan aspirasi masyarakat.

“Semua unsur dari Pemerintah Kota Makassar akan mulai aktif dalam sosialisasi kepada masyarakat agar manfaat dari kehadiran Konter ini semakin dikenal luas,” lanjutnya.

Tidak tanggung-tanggung, inovasi layanan publik Konter juga akan dihadirkan kepada peserta Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas APEKSI) XVI 2023, termasuk pula memperkenalkan revitalisasi Konter kepada Presiden RI Joko Widodo yang rencananya juga akan hadir di Kota Makassar.

Baca juga:  Dishub Makassar Masifkan Ram Check di Terminal Jelang Mudik Lebaran

Danny menginstruksikan kepada seluruh pihak untuk membantu dalam pembenahan dan aspek teknis lainnya demi menyukseskan Konter Terpadu.

Ia juga berencana untuk memperkenalkan Konter Terpadu pada tanggal 12 Juli dalam rangkaian acara Apeksi yang berlangsung dari tanggal 10 hingga 14 Juli mendatang.