DPM-PTSP Makassar Raih Skor IKM 91,93 Wujud Layanan Publik Berkualitas

DPM-PTSP Makassar Raih Skor IKM 91,93 Wujud Layanan Publik Berkualitas

UNGKAPAN, MAKASSAR – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Makassar berhasil meraih skor 91,93 dalam Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Semester II Tahun 2024.

Survei yang berlangsung pada periode Juli hingga Desember 2024 itu melibatkan 380 responden. Para responden diminta menilai sembilan aspek layanan.

Sembilan aspek layanan yaitu, persyaratan pelayanan, sistem mekanisme dan prosedur, waktu penyelesaian, biaya atau tarif, produksi spesifikasi jenis layanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, sarana dan prasarana, serta penanganan pengaduan, saran dan masukan.

Hasilnya, angka 91,93 menempatkan DPM-PTSP Makassar masuk dalam kategori “Sangat Baik”.

Komposisi responden cukup beragam. Dari sisi jenis kelamin, perempuan lebih mendominasi dengan jumlah 218 orang, dan diikuti laki-laki sebanyak 158 orang, dan 4 responden yang memilih untuk tidak menyebutkan gender.

Dari sisi pekerjaan, mayoritas berasal dari kategori wirausaha 130 orang, diikuti pekerjaan lain-lain 178 orang, pekerja swasta 68 orang, serta empat orang yang tidak mencantumkan profesi atau pekerjaan.

Meski capaian sudah sangat baik, DPM-PTSP Makassar yang saat ini dipimpin oleh Muhammad Mario Said, tidak ingin lengah dan terus berbenah melakukan perbaikan pelayanan.

Karena bagi orang nomor satu di DPM-PTSP Makassar itu, prestasi ini bukanlah akhir, melainkan cambuk untuk terus memperbaiki layanan kepada masyarakat.

“Skor yang berhasil diraih ini adalah cermin kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kami. Mulai dari persyaratan, prosedur, biaya, hingga penyelesaian layanan, semuanya kami upayakan transparan, cepat, dan berkualitas,” sebutnya. (adv)

Baca juga:  Pemkot dan DPRD Makassar Sepakati Dua Ranperda Jadi Perda