Wali Kota Makassar Temukan Masih Ada Kantor Pelayanan Masyarakat Butuh Perhatian Serius

Wali Kota Makassar Temukan Masih Ada Kantor Pelayanan Masyarakat Butuh Perhatian Serius

UNGKAPAN, MAKASSAR – Guna memastikan pelayanan publik di Kota Makassar berjalan dengan baik, Wali Kota Makassar Munafri Arifuddin melakukan inspeksi medadak (sidak) ke sejumlah tempat pelayanan.

Orang nomor satu di Kota Makassar itu turun meninjau aktivitas di kantor kecamatan, puskesmas dan sekolah khususnya yang berada dalam wilayah Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Selasa (27/05/2025).

“Pagi ini saya melakukan sidak dimulai dari kantor Kecamatan Tamalate dan kemudian berlanjut ke kantor Kelurahan Barombong dan kantor Kelurahan Sambung Jawa. Selain itu, tim juga menyambangi Puskesmas Barombong dan SDN Barombong,” jelas Appi sapaan akrabnya.

Menurut Appi, sidak ini bertujuan untuk melihat langsung kinerja pegawai serta mengevaluasi sarana dan prasarana pelayanan publik. Termasuk memastikan pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik dan sesuai standar operasional.

“Kami ingin memastikan semua perangkat pelayanan publik benar-benar hadir melayani masyarakat secara optimal. Ini bagian dari komitmen kami meningkatkan kualitas pelayanan,” ujarnya.

Dari hasil sidak, ditemukan beberapa catatan yang akan segera ditindaklanjuti, seperti perbaikan fasilitas dan peningkatan kedisiplinan aparatur sipil negara.

Dalam kunjungan tersebut, Appi menyoroti kondisi fasilitas yang masih membutuhkan perhatian khusus.

“Kami melihat langsung fasilitas di kantor camat, puskesmas, hingga SD di sekitar sini yang memang fasilitasnya perlu perhatian ekstra sehingga harus segera dibenahi,” tegasnya usai sidak.

Sidak ini merupakan bagian dari upaya evaluasi rutin sekaligus bentuk komitmen pemerintah Kota Makassar, dalam membangun kepercayaan publik terhadap pelayanan yang diberikan.

Selain kondisi fisik, perhatian juga tertuju pada kebersihan dan tampilan kantor pelayanan publik yang dinilai belum optimal. Tampilan kantor kurang bersih.

“Ini harus butuh effort ekstra agar bisa memperlihatkan bahwa pelayanan pemerintah itu harus berada di tempat yang bersih, sehat, dan nyaman bagi semua,” lanjutnya.

Baca juga:  Pemkot Makassar Libatkan UMKM Produksi Seragam Sekolah Gratis

Munafri juga menekankan pentingnya pelayanan yang ramah, cepat, dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat. Pelayanan yang ramah dan cepat merespons keinginan masyarakat adalah hal yang wajib.

“Tentu pelayanan ke masyarakat penting, menjadi tugas kita ke depan untuk terus memperbaiki sistem layanan publik agar makin responsif dan profesional,” tegasnya. (**)