2040 Maba PNUP Akan Dikukuhkan Besok

UNGKAPAN.ID, MAKASSAR – 2040 Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) akan dikukuhkan besok, Senin (05/09).

Dimana kegiatan itu digelar dalam rapat senat terbuka yang dilaksanakan di auditorium kampus 2 PNUP Moncongloe Maros.

Ahmad Zubair Sultan mengatakan PKKMB tersebut melibatkan 6 jurusan serta mengikut sertakan mahasiswa baru PSDKU PNUP-Kabupaten Kolaka.

“PKKMB tahun 2022 ini akan dilaksanakan secara luring (tatap muka), dan kita mulai 5-11 September 2022 di Auditorium kampus 2 PNUP Moncongloe Maros,” ucapnya.

Dimana, PKKMB terdiri dari rangkaian kegiatan materi pengenalan sistem pendidikan tinggi (SPT), pesantren kilat (peskil), kemah kasih, serta pendidikan latihan dasar (diklatsar) bela negara.

Tidak hanya itu, ia menjelaskan bahwa Mahaiswa yang mengikuti PKKMB akan mendapatkan sertifikat kelulusan yang dapat dipakai untuk keperluan berkuliah di PNUP.

Dimana, sertifikat ini pula menjadi persyaratan wajib bagi mahasiswa baru. Bila tidak lulus atau tidak mengikuti kegiatan ini maka dapat diprogramkan tahun berikutnya.

“Tiga sampai empat tahun adik-adik mahasiswa kalau yudisium, syaratnya salah satu sertifikat PKKMB, jadi ini adalah gerbang masuk sekaligus gerbang keluar,” bebernya.

Sementara, Ketua Panitia PKKMB PNUP 2022, Lidemar Halide menyampaikan bahwa nantinya mahasiswa akan menerima materi beragam sesuai dengan jenis PKKMB.

“Dalam pkkmb tingkat politeknik maka mahasiswa akan mendapat materi peraturan akademik, kemahasiswaan, kode etik, BLU dan RBI termasuk filosofi, nilai-nilai, visi-misi, sarana prasarana, prestasi, dan sumbangsih institusi,” ucapnya.

Kegiatan itu, akan membentu jiwa korsa maba ke-PNUP-an.

“Pengembangan karakter juga ditanamkan melalui materi diklatsar pkkmb tahun ini,” bebernya.

Tidak hanya itu, maba juga akan mendapatkan pembekalan softskill untuk meningkatkan kapasitas diri sehingga siap menjadi problem solver, serta mendorong mahasiswa meningkatkan kompetensi diri.

Baca juga:  Bekali Mahasiswa KKN Unhas, Ini Pesan Sekda Makassar